Cara Benar Kupas Alkitab

Posted on July 2, 2011

0


Cara benar mengupas isi Alkitab adalah kembali pada Firman Tuhan di dalam Alkitab (back to Bible) untuk menjelaskan dirinya sendiri. Hal tesebut dimungkinkan karena Allah orang Kristen adalah Allah yang hidup. Allah yang hidup adalah Allah yang berbicara kepada manusia ciptaan-Nya. Dan Allah yang sudah berbicara kepada manusia adalah Allah yang sanggup memelihara apa yang dibicarakan-Nya sampai selama-lamanya tidak berubah (Matius 5:17-18). Ketiga pondasi tersebut menjadi dasar (pondasi) untuk mengerti Alkitab Firman Tuhan.

Di dalam 1 Tim. 3:14-16 dan 2 Tim. 3:15-17, terdapat 2 bentuk Firman yang dinyatakan Tuhan Allah secara eksplisit dan berkaitan erat:

1) Firman surgawi yang diturunkan melalui pekerjaan Oknum Ketiga Allah Tritunggal, yaitu Roh Kudus sehingga memberikan inspirasi kepada para nabi dalam PL dan para rasul dalam PB. Firman yang berbentuk tulisan di dalam sejarah manusia menjadi pemberian paling agung oleh Allah dalam sejarah manusia.

2) Firman surgawi yang diturunkan dalam bentuk daging, yaitu KRISTUS yang penuh kasih karunia dan kebenaran (Yoh.1:1-3, 14). Ini adalah rahasia yang terbesar, rahasia ibadat yaitu Allah menyatakan diri dalam manusia (1 Tim.3:16)

Mungkinkah Tuhan tidak mampu memelihara firman-Nya? Tidak mungkin, karena sifat independensi dan pemeliharaan Tuhan Allah yang kekal. Mungkinkah naskah asli Alkitab salah? jawabnya juga tidak mungkin karena Alkitab diinspirasikan sebagai nafas Tuhan Allah sendiri (1 Kor. 2:12-13).

Mari belajar Firman Tuhan, selamat menjelajah Alkitabkita yang merupakan pemberian agung Tuhan kita. SOLA SCRIPTURA!

(rsm)

*petikan di atas secara lengkap dapat juga dibaca pada link berikut: http://www.thisisreformed.org/artikel/alkitab.pdf